Dua Desa Pemekaran Bakal Terbentuk di Sukamara

Kepala Dinsos PMD Sukamara, Amir Sapiyudin.

SUKAMARA – Kepala Dinas Sosial Pemberdayaan Masyarakat Desa (Dinsos PMD) Sukamara, Amir Sapiyudin mengatakan bahwa pihaknya saat ini telah melakukan tahapan untuk pemekaran dua desa.

Desa yang akan dimekarkan adalah Desa Karta Mulya di Kecamatan Sukamara serta Desa Sungai Pasir dan Desa Cabang Barat di Kecamatan Pantai Lunci.

Amir Sapiyudin mengatakan bahwa berbagai tahapan sudah dilaksanakan untuk proses pemekaran tiga desa tersebut sehingga nantinya bisa masuk tahapan usulan untuk Peraturan Bupati (Perbup)

“Selanjutnya kita masuk tahapan untuk pemasangan titik koordinat wilayah desa yang dimekarkan tersebut,” kata Amir, Selasa 23 Agustus 2022.

BACA JUGA:   Wabup Buka Turnamen Sepak Bola Karang Taruna Kecamatan Sukamara

Sementara itu, Desa Karta Mulya akan dimekarkan menjadi dua desa yakni Desa Pudu Kuali, sedangkan untuk dua desa di Kecamatan Pantai Lunci yaitu Desa Sungai Pasir dan Desa Cabang Barat akan dimekarkan menjadi tiga desa yakni Desa Sungai Baru Lunci.

“Untuk pemekaran Desa Sungai Baru Lunci adalah pemekaran dari dua desa yang memang wilayahnya diambil dari dua desa yakni Desa Sungai Pasir dan Desa Cabang Barat karena menyesuaikan dan pemenuhan persyaratan untuk layak menjadi sebuah desa,” terang Amir Sapiyudin.

BACA JUGA:   Wabup Sukamara Buka Diklatsar Banser

“Pertimbangan dinyatakan layak untuk dua desa ini dimekarkan adalah jumlah penduduk Desa Cabang Barat atau desa induk berjumlah 2.355 jiwa atau 697 KK. Sedangkan Desa Sungai Pasir atau desa induk berjumlah 1.874 jiwa atau 536 KK, jadi sudah memenuhi syarat dibentuk desa persiapan,” tukasnya. (enn)

(Visited 1 times, 1 visits today)